Seminar
HOW TO ENTER MODERN MARKET
Pembicara :Benaya V.Jaya,Dipl.-Ing
DEFINISI MODERN MARKET
Pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Swasta, atau Koperasi yang dalam bentuknya berupa Pusat Perbelanjaan, seperti Mall,Plaza, dan ShoppingCentre serta sejenisnya dimana pengelolaannya dilaksanakan secara modern, dan mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja dengan manajemen berada di satu tangan, bermodal relatif kuat, dan dilengkapi label harga yang pasti
PERATURAN TERKAIT MODERN MARKET
#Permendag No. 53 / 2008
PEDOMAN PENATAAN DAN PEMBINAAN PASAR TRADISIONAL, PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO MODERN
PEDOMAN PENATAAN DAN PEMBINAAN PASAR TRADISIONAL, PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO MODERN
#Perda Jatim No. 3 / 2008
PERLINDUNGAN, PEMBERDAYAAN PASAR TRADISIONAL DAN PENATAAN PASAR MODERN DI PROVINSI JAWA TIMUR
PRODUCT CATEGORY IN MODERN MARKET
GROCERY
PERSAYARATAN
1.MEMENUHI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN KONSUMSI SESUAI PERATURAN PEMERINTAH YANG TERKAIT,MISALNYA PP NO 69 TAHUN 1999 TENTANG LABEL DAN IKLAN PANGAN YANG MEWAJIBKAN MAKANAN DALAM KEMASANUNTUK MENCANTUMKAN PADA KEMASAN:
•NAMA PRODUK•BERAT / VOLUME
•KODE DEPKES (MD, CD, ML, CL, SP)
•KOMPOSISI
•NAMA PRODUSEN
•TANGGAL KADALUARSA, DSB
2.MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUAL, PERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUMDAN SOSIAL SETEMPAT.
3.BARCODE PADA KEMASAN, TERCETAK MAUPUN DIKENAKAN KEMUDIAN.
FRESH
PERSYARATAN
ØTIDAK MENGGUNAKAN BAHAN PENGAWET (BORAKS, FORMALIN) ATAU BAHAN PEWARNA MAKANAN YANG DILARANG(PEWARNA TEKSTIL)
Ø DIPRODUKSI DAN DIKIRIM SETIAP HARI DENGAN SELALU MENJAGA RASA, MUTU, KEBERSIHAN DAN HIGIENITAS
BAZZAR
PERSYARATAN
1.MEMILIKI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN SESUAI DENGAN PERATURAN PEMERINTAH YANG TERKAIT . CONTOH :
-SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA) CONTOH. PERALATAN LISTRIK, SELANG GAS
-API (AMERICAN PETROLEUM INSTITUTE) CONTOH. MINYAK PELUMAS
-IFPI CODE & LULUS SENSOR CONTOH : VCD, DVD, CD
-PP NO. 69 THN 1999 TENTANG LABEL YANG TERCANTUM DALAM KEMASAN BERBAHASA INDONESIA
-UNTUK PRODUK PLASTIK, MELAMIN, DLL HARUS SESUAI DENGAN KETENTUAN PEMERINTAH (SUCOFINDO).
-PEMASOK MENJAMIN BAHWA BARANG DENGAN KONDISI BAIK.
-MEMBERIKAN KETERANGAN TEKNIK YANG MENGGAMBARKAN KEMAMPUAN SESUNGGUHNYA BARANG TERSEBUT (BERAT, ISI / KAPASITAS PRODUK).
-BARANG YANG MEMILIKI KANDUNGAN BAHAN KIMIA HARUS SESUAI DENGAN KETENTUAN PEMERINTAH (CONTOH: PARFUM MOBIL).
-SELURUH BARANG HARUS ASLI DAN DIJAMIN OLEH PARA PEMILIK BARANG.
-PEMASOK WAJIB MEMBERIKAN GARANSI PURNA JUAL UNTUK BARANG-BARANG YANG BERSIFAT ELEKTRONIK.
-MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUAL, PERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUM DAN SOSIAL SETEMPAT.
APPLIANCES
PERSYARATAN
1.MEMILIKI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN DAN TERDAFTAR DI PERATURAN PEMERINTAH SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA)
2.PEMASOK WAJIB MEMBERIKAN GARANSI PURNA JUAL
3.PEMASOK WAJIB MEMILIKI FASILITAS PELAYANAN PURNA JUAL (SERVICE CENTER)
4.MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUAL, PERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUM DAN SOSIAL SETEMPAT
5.MEMBERIKAN KETERANGAN TEKNIK PEMASANGAN,PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN (BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN) DALAM BAHASA INDONESIA.
TEXTILE
PERSYARATAN
MEREK YANG DIPAKAI TELAH MEMPUNYAI HAK PATEN (CARVIL,EXECUTIVE,DLL)
ATAU TIDAK MENJIPLAK MEREK YANG SUDAH ADA, KUALITAS BAHAN DAN JAHITAN BAIK,
UKURANNYA MEMAKAI STANDAR INTERNASIONAL
SYARAT PERDAGANGAN (TRADING TERMS)
ADALAH SYARAT-SYARAT DALAM PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PEMASOK DAN TOKO MODERN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOKAN PRODUK-PRODUKNYA YANG DIPERDAGANGKAN DALAM TOKO MODERN YANG BERSANGKUTAN
MODERN MARKET DARI ASPEK KONSUMEN
•MEMILIKI KONSEP 1) HARGA KOMPETITIF, 2) SUASANA BELANJA YANG NYAMAN, 3) PILIHAN PRODUK YANG LENGKAP.
•MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA BELI DAN AKSES UNTUK PRODUK BERKUALITAS BAGI KONSUMEN DENGAN MENYEDIAKAN PRODUK BERMUTU BAIK DENGAN HARGA KOMPETITIF.
•MEMILIKI KOMITMEN LAYANAN:
Komentar
Posting Komentar