Seminar

HOW TO ENTER MODERN MARKET
Pembicara :Benaya V.Jaya,Dipl.-Ing



DEFINISI MODERN MARKET

Pasar yang dibangun dan dikelola oleh PemerintahSwastaatau Koperasi yang dalam bentuknya berupa Pusat Perbelanjaanseperti Mall,Plaza, dan ShoppingCentre serta sejenisnya dimana pengelolaannya dilaksanakan secara modern, dan mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja dengan manajemen berada di satu tanganbermodal relatif kuatdan dilengkapi label harga yang pasti


PERATURAN TERKAIT MODERN MARKET

#Permendag No. 53 / 2008
PEDOMAN PENATAAN DAN PEMBINAAN PASAR TRADISIONAL, PUSAT PERBELANJAAN DAN TOKO MODERN 


#Perda Jatim No. 3 / 2008
PERLINDUNGAN, PEMBERDAYAAN PASAR TRADISIONAL DAN PENATAAN PASAR MODERN DI PROVINSI JAWA TIMUR

PRODUCT CATEGORY IN MODERN MARKET

GROCERY
PERSAYARATAN 
1.MEMENUHI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN KONSUMSI SESUAI PERATURAN PEMERINTAH YANG TERKAIT,MISALNYA PP NO 69 TAHUN 1999 TENTANG LABEL DAN IKLAN PANGAN YANG MEWAJIBKAN MAKANAN DALAM KEMASANUNTUK MENCANTUMKAN PADA KEMASAN:
NAMA PRODUKBERAT / VOLUME
KODE DEPKES (MD, CD, ML, CL, SP)
KOMPOSISI
NAMA PRODUSEN
TANGGAL KADALUARSADSB
2.MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUALPERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUMDAN SOSIAL SETEMPAT.
3.BARCODE PADA KEMASANTERCETAK MAUPUN DIKENAKAN KEMUDIAN.
FRESH
PERSYARATAN
ØTIDAK MENGGUNAKAN BAHAN PENGAWET (BORAKS, FORMALIN) ATAU BAHAN   PEWARNA MAKANAN YANG DILARANG(PEWARNA TEKSTIL)
Ø DIPRODUKSI DAN DIKIRIM SETIAP HARI DENGAN SELALU MENJAGA RASA, MUTUKEBERSIHAN DAN HIGIENITAS

BAZZAR
PERSYARATAN
1.MEMILIKI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN SESUAI DENGAN PERATURAN PEMERINTAH YANG TERKAIT . CONTOH :
-SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA) CONTOH. PERALATAN LISTRIK, SELANG GAS
-API (AMERICAN PETROLEUM INSTITUTE) CONTOH. MINYAK PELUMAS
-IFPI CODE & LULUS SENSOR CONTOH : VCD, DVD, CD
-PP NO. 69 THN 1999 TENTANG LABEL YANG TERCANTUM DALAM KEMASAN BERBAHASA INDONESIA
-UNTUK PRODUK PLASTIK, MELAMIN, DLL HARUS SESUAI DENGAN KETENTUAN PEMERINTAH (SUCOFINDO).
-PEMASOK MENJAMIN BAHWA BARANG DENGAN KONDISI BAIK.
-MEMBERIKAN KETERANGAN TEKNIK YANG MENGGAMBARKAN KEMAMPUAN SESUNGGUHNYA BARANG TERSEBUT (BERAT, ISI / KAPASITAS PRODUK).
-BARANG YANG MEMILIKI KANDUNGAN BAHAN KIMIA HARUS SESUAI DENGAN KETENTUAN PEMERINTAH (CONTOH: PARFUM MOBIL).
-SELURUH BARANG HARUS ASLI DAN DIJAMIN OLEH PARA PEMILIK BARANG.
-PEMASOK WAJIB MEMBERIKAN GARANSI PURNA JUAL UNTUK BARANG-BARANG YANG BERSIFAT ELEKTRONIK.
-MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUAL, PERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUM DAN SOSIAL SETEMPAT.

APPLIANCES
PERSYARATAN
1.MEMILIKI PERSYARATAN SEBAGAI PRODUK YANG AMAN UNTUK DIGUNAKAN DAN TERDAFTAR DI PERATURAN PEMERINTAH SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA)‏
2.PEMASOK WAJIB MEMBERIKAN GARANSI PURNA JUAL
3.PEMASOK WAJIB MEMILIKI FASILITAS PELAYANAN PURNA JUAL (SERVICE CENTER)‏
4.MEMATUHI PERATURAN DAN PERUNDANGAN MENGENAI HAK INTELEKTUAL, PERPAJAKAN SERTA NORMA-NORMA HUKUM DAN SOSIAL SETEMPAT
5.MEMBERIKAN KETERANGAN TEKNIK PEMASANGAN,PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN (BUKU PETUNJUK PENGGUNAAN) DALAM BAHASA INDONESIA.

TEXTILE
PERSYARATAN
MEREK YANG DIPAKAI TELAH MEMPUNYAI HAK PATEN (CARVIL,EXECUTIVE,DLL)
ATAU TIDAK MENJIPLAK MEREK YANG SUDAH ADAKUALITAS BAHAN DAN JAHITAN BAIK,
UKURANNYA MEMAKAI STANDAR INTERNASIONAL


SYARAT PERDAGANGAN (TRADING TERMS)

ADALAH SYARAT-SYARAT DALAM PERJANJIAN KERJASAMA ANTARA PEMASOK DAN TOKO MODERN YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMASOKAN PRODUK-PRODUKNYA YANG DIPERDAGANGKAN DALAM TOKO MODERN YANG BERSANGKUTAN

MODERN MARKET DARI ASPEK KONSUMEN

MEMILIKI KONSEP 1) HARGA KOMPETITIF, 2) SUASANA BELANJA YANG NYAMAN, 3) PILIHAN PRODUK YANG LENGKAP.
MEMBANTU MENINGKATKAN DAYA BELI DAN AKSES UNTUK PRODUK BERKUALITAS BAGI KONSUMEN DENGAN MENYEDIAKAN PRODUK BERMUTU BAIK DENGAN HARGA KOMPETITIF.
MEMILIKI KOMITMEN LAYANAN:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TAMAN SAFARI PRIGEN BP 4

The Road Ahead & Genius Inside Us

Radar Malang Dalam Bisnis